Advokasi Pajak Berkeadilan – Alat Bantu untuk Masyarakat Sipil

Naskah: Sally Golding (penulis utama), Matti Kohonen, Katrin McGauran, David McNair & Sophie Powell

Ilustrasi: Jorge Martin
Desain:  Christian Aid
Penerjemah: Dr. Jan Riberu (Inggris-Indonesia)
Tim Editor: Victoria Fanggidae, Setyo Budiantoro, Ah Maftuchan, Wiko Saputra, Dwi Rani P. Artha, Chelvi Yuliastuti, J. Prastowo
        
© Christian Aid dan SOMO, Januari 2011
© Perkumpulan Prakarsa, Jakarta – Januari 2014 
                 (Edisi Bahasa Indonesia)

ISBN: 978-979-99553-8-8

Alat bantu ini dibuat sebagai bagian dari proyek tiga-tahun “Menuju Pajak Berkeadilan: Membangkitkan Kesadaran, Membangun Kemampuan, Mendukung Koordinasi Internasional dan Dialog Kebijakan untuk Membuat Sistem perpajakan Nasional dan Internasional Lebih Menunjang Pembangunan”, yang diimplementasikan dari tahun 2009 sampai 2011 dengan dana dari Komisi Eropa.*)

Alat bantu ini adalah hasil dari kerjasama antara Christian Aid, SOMO dan satu kelompok acuan internasional , yang terdiri dari Tax Justice Network/Jejaring Keadilan Pajak (TJN), TJN Afrika dan Action for Economic Reform (AER). Draft pertama dihasilkan oleh Christian Aid dan SOMO dan ditinjau kembali oleh kelompok acuan. Draft ini kemudian menjadi pandu selama lokakarya dua hari yang diselenggarakan di Manila, Filipina, dari tanggal 7 sampai 8 Agustus 2010 oleh Jubilee South/Asia-Pacific Movement on Debt and Development (Yubileum Gerakan Selatan/Asia Pasifik untuk Utang dan Pembangunan kawasan Selatan/Asia-Pasifik), dan dihadiri oleh wakil-wakil masyarakat sipil dari Kenya, Zimbabwe, Vietnam, Filipina, Indonesia, Belanda, Perancis dan Inggris. Perangkat ini direvisi sesuai umpan balik yang diperoleh.

Dibiayai oleh: Komisi Eropa, Vereniging voor Personele Samenwerking met Ontwikkelingslanden (Serikat Kerjasama pribadi dengan Negara-negara berkembang PSO), Kementerian Luar Negeri Belanda, Christian Aid, ActionAid Inggris dan Norwegian Church Aid.

Koordinasi Proyek: Sophie Powell dan Katrin McGauran
Ilustrasi: Jorge Martin
Desain : Christian Aid.

Penerjemah : Dr. Jan Riberu (Inggris-Indonesia)

Tim Editor : Victoria Fanggidae, Setyo Budiantoro, Ah Maftuchan, Wiko Saputra, Dwi Rani Puspa Artha, Chelvi Yuliastuti, J. Prastowo

Penerjemahan perangkat ini ke Bahasa Indonesia dilakukan oleh Perkumpulan Prakarsa dan didukung oleh Yayasan TIFA, Tax Justice Network (TJN), Action for Economic Reform (AER) dan Norad.

© Christian Aid dan SOMO, Januari 2011
© Perkumpulan Prakarsa, Jakarta – Januari 2014 (Edisi Bahasa Indonesia) Isi publikasi ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Christian Aid dan SOMO dan dalam keadaan apa pun tidak dapat dipandang sebagai pencerminan posisi Uni Eropa, Kementerian Luar Negeri Belanda, atau Vereniging voor Personele Samenwerking met Ontwikkelingslanden (PSO). Isi publikasi ini dalam bahasa Indonesia sepenuhnya merupakan tanggung jawab Perkumpulan Prakarsa.

Add Comment