Fair Finance Guide International Methodology 2018

Dampak negatif sosial-lingkungan dari aktivitas pemberian kredit dan investasi lembaga keuangan terhadap praktik-praktik usaha yang tidak berkelanjutan telah memberikan beban tersendiri bagi eksistensi keberlanjutan manusia dan alam (people and planet). Hampir sebagian besar adalah organisasi masyarakat sipil yang peduli terhadap isu ini dan menuntut institusi keuangan untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas permasalahan yang ada.

Salah satu inisiatif masyarakat sipil yang mengadvokasi praktik keuangan dan perbankan berkelanjutan adalah Fair Finance Guide International, yang diluncurkan pada bulan Januari 2014. Fair Finance Guide International adalah upaya kolaboratif koalisi dari berbagai organisasi masyarakat sipil (CSO) di Belgia, Brazil, Prancis, Jerman, India (mulai tahun 2018), Indonesia, Jepang, Belanda, Norwegia, Swedia dan Thailand (mulai tahun 2018). Di Indonesia, koalisi ini bernama ResponsiBank Indonesia, di mana Perkumpulan Prakarsa menjadi koordinatornya.

Di setiap negara, koalisi memiliki situs web yang dapat digunakan oleh pengguna produk jasa keuangan serta pihak-pihak lain yang berkepentingan, untuk membandingkan kebijakan keuangan dan investasi dari tiap-tiap lembaga keuangan dengan berbagai isu dan industri lintas sektoral. Selain itu, koalisi juga secara teratur menerbitkan studi kasus mengenai topik tertentu, mencoba menilai apakah dan bagaimana lembaga keuangan menerapkan kriteria keberlanjutan dalam praktik sehari-hari mereka. Selanjutnya, koalisi juga menekan bank-bank, perusahaan asuransi dan lembaga keuangan lainnya untuk memperbaiki kebijakan dan praktik mereka yang tidak berkelanjutan, serta mempengaruhi regulator untuk mengembangkan dan menerapkan peraturan yang memadai.

Melalui serangkaian advokasi yang dilakukan, Fair Finance Guide International diharapkan dapat merangsang institusi keuangan untuk memikirkan kembali peran mereka di masyarakat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan dengan melakukan pemeringkatan bank menggunakan serangkaian standar atau metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Dokumen ini menyajikan metodologi yang digunakan Fair Finance Guide International untuk menilai kebijakan lembaga keuangan. Melalui keahlian kolektif dan pengalaman dari semua anggota koalisi yang terlibat dalam jaringan Fair Finance Guide International, metodologi ini didasarkan pada wawasan dan standar internasional terkini mengenai masalah lingkungan, keberlanjutan dan hak asasi manusia. Fair Finance Guide International yakin bahwa  dokumen ini akan membantu koalisi organisasi masyarakat sipil di tiap-tiap negara untuk memulai jalan dan mengawal praktik keuangan yang adil dan berkelanjutan di seluiruh dunia.

Unduh dan baca dokumen lengkapnya pada link berikut ini.

Add Comment