A Socially Equitable Energy Transition in Indonesia


Diposting pada: 26 Mar 2018

 

Isu perubahan iklim telah menjadi perhatian serius tidak hanya dikarenakan peningkatan emisi gas rumah kaca, tetapi juga berbagai dampak yang ditimbulkan semakin mengkhawatirkan. Mulai dari cuaca ekstrim hingga peningkatan perumakaan air laut. Bahkan, perubahan iklim pun turut menghambat usaha pengentasan kemiskinan.

Indonesia mulai menghadapi permasalahan cadangan sumber daya bahan bakar fosil. Dari waktu ke waktu produksi minyak dan gas domestik terus menurun sehingga membuat pemerintah mendorong kebijakan energi terbarukan sebagai prioritas utama. Walaupun Indonesia memiliki potensi sumber daya energi terbarukan yang bergitu melimpah, kenyataannya perkembangan pencapaian sumber daya energi terbarukan terhadap total energi masih minimal. Upaya mempercepat transisi dari energi yang masih bergantung pada sumber daya fosil ke energi terbarukan saja tidak cukup, namun juga perlu memastikan secara sosial berkeadilan.

Buku ini menampilkan studi yang mengobservasi bagaimana transisi energi menuju penggunaan yang lebih besar pada energi terbarukan dapat secara sosial dan politik diterima di Indonesia dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar secara progresif mengejar transformasi energi. Sebuah studi yang memberikan wawasan terhadap status kebijakan perubahan iklim dan energi, implikasi sosial ekonominya, dan aktor yang terlibat dalam pengembangan dan implementasi kebijakan. Hadirnya buku ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih informasi dan pemikiran yang dapat membantu pembuat kebijakan, akademisi, dan masyarakat sipil untuk bekerja bersama menuju pembangunan rendah karbon di Indonesia.

Unduh dan baca dokumen lengkapnya pada link berikut ini