Badan Pelaksana Harian


Ah Maftuchan (Maftuch)
Executive Director

 

Master Kesejahteraan Sosial (M.Kesos) dari Jurusan Pembangunan Sosial dan Otonomi Daerah Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI) Depok dan Sarjana Hukum Islam (SH.I) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini adalah peneliti, analis, penulis dan pelatih pada tema atau isu pembangunan sosial, otonomi daerah, kebijakan perpajakan dan anggaran, perencanaan dan evaluasi, tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), partisipasi publik, dan audit sosial.

Setyo Budiantoro (Budi)
Senior Researcher

Setyo Budianto meraih master di bidang Ekonomi Pembangunan di International Institute of Social Studies (ISS) dari Erasmus University Rotterdam. Dia juga berpartisipasi dalam beberapa program, termasuk Program Pascasarjana di bidang Ekonomi di Universitas Indonesia, program Analisis Kemiskinan Multidimensi dengan Oxford University dan George Washington University, dan Policy Fellow Course dengan Urban Institute dan USAID ProRep.

Budi pernah memenangkan beberapa kompetisi mengenai ide-ide pembangunan serta produktif dalam menulis analisis kebijakan, artikel, dan buku. Budi adalah dosen di Program Pascasarjana Poverty Study di Universitas Brawijaya dan Koordinator Aliansi Keadilan Pajak Asia Tenggara.


Victoria Fanggidae (Ria)
Research Manager

Victoria telah bekerja di sektor pembangunan selama lebih dari satu dekade dan memiliki gelar postgraduate dari the University of Melbourne’sDevelopment Studies Program. Ia berpengalaman luas mengenai penelitian lapangan terkait isu-isu pembangunan di Indonesia (antara lain seperti isu kemiskinan, dana pembangunan, kesehatan dan ketenagakerjaan) dari berbagai area di negeri ini serta telah berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan kapasitas dalam hal metodologi penelitian, advokasi dan analisa kebijakan. Di Perkumpulan Prakarsa, Victoria bertanggung jawab untuk mengembangkan proposal proyek dan menjamin kontrol kualitas yang ketat bagi proyek tersebut.

Maria Lauranti (Laura)
Program Manager

Lulus dari program magister Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia, Maria berkerja sebagai konsultan di berbagai lembaga pemerintahan, (I)NGO, dan perusahaan dalam berbagai isu sosial, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Dengan latar belakang pengalaman yang luas di organisasi humanitarian internasional, Maria memiliki kompetensi dalam perencanaan, implementasi, dan monitoring program yang mengantarkannya ke posisi Manajer Program di Perkumpulan Prakarsa

Widya Kartika (Widya)
Economic Policy Officer

Rotua Nuraini Tampubolon (Roro)
Sustainable Development Officer

Sebagai pribadi yang atraktif, supel dan ceria, Rotua dipercayakan untuk menangani program pembangunan berkelanjutan di Perkumpulan Prakarsa sejak September 2015. Perempuan kelahiran 23 Desember 1984 ini merupakan alumni Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara tahun 2015. Ia memiliki pengalaman praktis di bidang komunikasi massa lebih dari lima tahun, yakni seperti sebagai Public Relations Media Online dan Jurnalis Televisi. Saat ini ia juga masih tercatat sebagai dosen tetap non PNS dengan status Dosen Luar Biasa di Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sumatera Utara.

Eka Afrina (Eka)
Researcher

Lulus dari program magister Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia pada tahun 2013, aktif di berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, riset dan evaluasi program. Memiliki minat pada isu-isu pembangunan dan penelitian sosial. Pengalaman penelitian di bidang pendidikan, perlindungan anak, pengurangan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan.

Dia Mawesti (Dia)
Program and Research Assistant


Lulus dari Jurusan Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada pada 2012, Dia lama berkiprah sebagai editor dan penerjemah sebelum akhirnya bergabung dengan Perkumpulan Prakarsa sebagai Media and Communication Officer yang kemudian dilebur dalam divisi Program and Research Support.

Selain bertugas mengelola komunikasi dengan media dan stakeholder lainnya, Dia juga bertanggungjawab atas konten dan kemasan branding lembaga baik melalui media massa, media sosial, maupun publikasi cetak yang dihasilkan oleh Prakarsa secara berkala.

Afriza Mufida (Fida)
HR & Admin Officer


Sarjana Sosiologi Pembangunan Universitas Negeri Jakarta. Selama kuliah Fida pernah melakukan beberapa penelitian sosial di beberapa daerah. Fida pernah menjadi Personal Assistant di sebuah perusahaan swasta. Fida bergabung dalam tim Program and Research Support di Perkumpulan Prakarsa pada 2014.

 

Saat ini Fida dipercayakan untuk menangani HR & Admin Officer sejak 2017. Tugas HR & Admin Officer yaitu sebagai sekretaris badan pelaksana harian yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur Eksekutif dan berkoordinasi dengan Manager Program, Manager Riset dan Finance Officer serta dibantu oleh General Support.

 

Mathilda Antoinette Buisan (Hilda)
Finance & Accounting Officer

Theresia Dwi Retnoningsih (Retno)
Finance & Administration Assistant

Agus Susanto (Agus)
General Support


Agus bergabung di Perkumpulan Prakarsa sejak 2008 setelah sebelumnya bekerja di perusahaan konsultan selama sepuluh tahun. Secara umum Agus aktif membantu kebutuhan support dan administratif di kantor maupun di luar kantor bagi semua kegiatan Perkumpulan Prakarsa.