PRAKARSA Membagikan Paket Higienis bersama Gerakan #SalingJaga

Memasuki masa transisi menuju new normal pandemi COVID-19, The PRAKARSA dan Oxfam di Indonesia bekerjasama dengan Gusdurian Peduli menyalurkan 1.700 paket higienis untuk masyarakat miskin, kurang mampu dan kelompok rentan di daerah Jakarta, Bogor dan Depok. Distribusi paket higienis dilakukan dengan dua cara dimana 700 paket disalurkan langsung oleh staff PRAKARSA dan 1.000 paket disalurkan oleh Gusdurian Peduli dalam gerakan #SalingJaga.

“Gusdurian Peduli mengapresiasi kepercayaan PRAKARSA terhadap Gerakan #SalingJaga dan kami berharap dapat terus bekerja sama di masa datang”, ujar Suraji Sukamzawi, salah satu pengurus Jaringan Gusdurian Peduli di sela-sela penyerahan paket higienis di Griya Gus Dur di bilangan Taman Amir Hamzah Jakarta pada tanggal 11 Juni 2020.

Satu paket hiegienis berisi empat masker, empat hand sanitizer, empat sabun cuci tangan, satu biang untuk disinfektan dan tiga lembar poster edukasi tentang Covid-19. Paket higienis ini diharapakan dapat membantu masyarakat miskin dan kurang mampu untuk dapat kembali beraktifitas di masa transisi new normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Penyaluran paket higienis ini difokuskan pada kelompok masyarakat yang rentan terdampak pandemi Covid-19 dan yang rentan tertular Covid-19, misalnya sopir angkutan umum, tukang ojek, pedagang keliling, tukang parker dan lain-lain. Kami mentargetkan bulan Juni 2020 ini semua paket sudah tersalurkan semua”, terang Herawati, peneliti kebijakan ekonomi the PRAKARSA yang menjadi koordinator kegiatan ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PRAKARSA kepada masyarakat miskin dalam upaya menurunkan penyebaran Covid-19. Antusias masyarakat dalam menerima paket higienis cukup tinggi, terlebih bagi masyarakat dengan pendapatan rendah. “Terima kasih PRAKARSA, paket higienis ini sangat membantu, terutama bagi kami yang pendapatan sehari-hari hanya cukup untuk makan saja,” ungkap salah satu sopir angkot M-16 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ketika menerima bantuan.

Meskipun PRAKARSA bukan lembaga filantropi, namun memiliki komitmen kuat untuk berbagi kepada sesama. “Kegiatan pembagian paket higienis ini kami lakukan sebagai bentuk partisipasi PRAKARSA dalam upaya pencegahan dan penurunan penyebaran Covid-19. Kami berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan oleh semua pihak agar kita mampu segera melewati masa pandemi ini”, tegas Ah Maftuchan, Direktur Eksekutif the PRAKARSA.

Add Comment