fbpx

Workshop : “Pelatihan Perhitungan dan Analisis Multidimensional Poverty Indexs (MPI) dan Penyusunan Laporan MPI Daerah”

Latar Belakang

Perkumpulan Prakarsa bekerjasama dengan Oxford University (Oxford Poverty and Human Development Initiative) tengah mengembangkan instrument baru perhitungan angka dan indeks kemiskinan di Indonesia. Instrumen perhitungan yang digunakan adalah Multidimensional Poverty Indexs (MPI).

MPI merupakan pendekatan baru dalam mengukur kemiskinan. MPI sudah digunakan oleh UNDP dalam menyusun laporan Human Development Report (HDR) sejak tahun 2010. MPI juga masuk ke dalam salah satu indicator Sustainable Development Goals (SDGs) yang tahun ini akan disepakati sebagai consensus dalam pembangunan global paska MDGs.

Beberapa negara seperti Mksiko, Brasil, Malaysia, Tiongkok, Bhutan, Philipina, India dan Kolombia sudah mengadopsi MPI sebagai perhitungan kemiskinan dan penyusunan program penanggulangan kemiskinan. Ternyata, hasil evaluasi yang dilakukan terhadap negara tersebut sangat positif dalam mengatasi persoalan kemiskinan karena mampu memotret kondisi riil dari kemiskinan yang terjadi di negara tersebut.

Perkumpulan Prakarsa sudah melakukan beberapa proses dalam penyusunan MPI Indonesia. Pada tahap ini, Tim Peneliti MPI dari Perkumpulan Prakarsa sudah melakukan perhitungan MPI mulai dari level nasional, Propinsi sampai Kabupaten/Kota. Databasenya sudah tersedia dengan baik. Untuk menyusun laporan MPI Indonesia, ada dua format laporan yang akan disusun yaitu laporan MPI Nasional dan laporan MPI Daerah.

Untuk menyusun laporan MPI Daerah, kami mengajak rekan – rekan peneliti, akademisi dan CSO untuk terlibat aktif sebagai penulis. Agar informasi antara Tim Peneliti MPI Perkumpulan Prakarsa dengan Tim Penulis MPI Daerah sinkron, maka kami akan mengadakan Workshop Pelatihan Perhitungan dan Analisis MPI serta Penyusunan Laporan MPI Daerah.

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan ini antara lain:

1.    Memberikan pelatihan mengenai konsep MPI

2.    Memberikan pelatihan mengenai teknis perhitungan MPI Indonesia, Propinsi dan Kabupaten/Kota

3.    Memberikan pelatihan mengenai analisis MPI Indonesia, Propinsi dan Kabupaten/Kota

4.    Memberikan pelatihan mengenai penyusunan laporan MPI Daerah

5.    Membicarakan tindak lanjut dan agenda untuk kegiatan selanjutnya.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : 06 – 08 April 2015

Tempat         : Neo Savana Hotel – Sentul City Bogor

Peserta

Peserta terdiri dari:

  • Tim peneliti MPI, Perkumpulan Prakarsa
  • Tim penulis MPI Daerah (Perwakilan 34 Propinsi)

Add Comment