Pajak Kekayaan Terus Dikampanyekan oleh C20 Brazil 

Jakarta, The PRAKARSAThe PRAKARSA sebagai lembaga penelitian dan advokasi kebijakan publik terus berperan aktif dan mendorong negara-negara di G20 untuk menerapkan pajak kekayaan. 

Ah Maftuchan Direktur Eksekutif The PRAKARSA dan Binny Buchori Badan Pengurus The PRAKARSA yang merupakan International Advisory Committee (IAC) C20 Brazil, menghadiri Midterm Meeting C20 yang diselenggarakan di Rio de Janeiro pada 1 – 2 Juli 2024 lalu.  

Pertemuan yang berlangsung selama dua hari ini menjadi pertemuan tatap muka kedua antara anggota Steering Committee (Komite Pengarah) yang mencakup semua co-fasilitator dan anggota Komite Penasihat Internasional. Pertemuan ini membahas berbagi topik-topik relevan oleh masing-masing Kelompok Kerja.  

C20 Brazil mengadakan dialog kebijakan dengan perwakilan G20 Brazil (beberapa perwakilan dari kementerian hadir), perwakilan pemerintah daerah Rio de Janeiro, dan engagement group G20: Perwakilan Sekretaris Negara untuk Pembangunan Sosial dan Hak Asasi Manusia, Kepala Penasihat Khusus untuk Partisipasi Sosial dan Keanekaragaman Kementerian Perempuan Brazil, Perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Perwakilan dari Kementerian Kebudayaan Brazil, Perwakilan dari Sekretariat Jenderal Kepresidenan Republik Brazil, Perwakilan dari Kementerian Keuangan Brazil (G20 Finance Track), Perwakilan dari Women-20, dan Troika C20 dari Afrika Selatan, dan Simon Vilakazi dari Economic Justice Network of the Fellowship of Christian Councils in Southern Africa (FOCCISA). 

Pada pelaksanaan dialog kebijakan Ah Maftuchan bertindak sebagai moderator sesi ketiga yang bertema “Menghadapi kelaparan, kemiskinan, dan krisis iklim: urgensi yang memerlukan tindakan segera”. 

Pertemuan ini juga membahas mengenai agenda advokasi tentang “wealth-tax atau pajak orang super kaya”. Isu ini telah dimasukkan dalam isu kebijakan dan rekomendasi dalam Kelompok Kerja Ekonomi Adil, Inklusif, dan Anti-Rasis C20. Di sisi lain, G20 Brazil kembali menegaskan bahwa pajak orang super kaya tetap menjadi prioritas. G20 Brazil sedang mengkomunikasikan proposal pajak kekayaan berdasarkan makalah yang ditulis oleh Gabriel Zucman.  

Zucman telah mempresentasikan makalahnya secara publik pada 25 Juni, sebuah makalah yang  berjudul “A blueprint for a coordinated minimum effective taxation standard for ultra-high-net-worth individuals” adalah makalah yang ditugaskan oleh Presidensi G20 Brazil 2024. Isu lain yang telah dibahas adalah dukungan C20 Brazil terhadap proses penyusunan Konvensi Pajak PBB. 

Kami menggunakan cookie untuk memberikan Anda pengalaman terbaik.