The PRAKARSA adalah lembaga riset dan pengembangan kapasitas yang dibentuk agar dapat berkontribusi menciptakan masyarakat yang demokratis, adil dan makmur melalui peningkatan ide-ide, reformasi kebijakan dan kelembagaan serta inovasi pemecahan masalah berbasis bukti. PRAKARSA fokus pada isu kebijakan fiskal, kebijakan sosial dan pembangunan berkelanjutan.

Perkumpulan Prakarsa melakukan kegiatan riset, analisa kebijakan dan pelatihan berbagai topik terkait isu kesejahteraan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PRAKARSA selalu menggunakan pendekatan kolaboratif dan engagement dengan berbagai pihak : pemerintah, parlemen, organisasi masyarakat sipil, universitas, think-tank, organisasi internasional, private sector, lembaga donor pembangunan dan media massa.

Pendekatan multi-pihak tersebut kami yakini akan memperkuat kerja dan inisiatif dalam produksi dan diseminasi pengetahuan serta evidence-based policy making process. Kami percaya bahwa berjejaring akan memudahkan dan memperkuat satu sama lain. Oleh sebab itu, kami mendapatkan dukungan dari berbagai donor dan terlibat dalam berbagai inisiatif bersama mitra kerja PRAKARSA.

Perkumpulan Prakarsa didirikan pada bulan Agustus tahun 2004 melalui Akta Notaris Publik Nurul Larasati, SH No. 03 Tanggal 31 Agustus 2004, dan secara legal disahkan dalam Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM Republik
Indonesia No.C-21.HT.01.03.TH.2005. Dan diperbaharui dalam Akta Pernyataan Keputusan Musyawarah Anggota Perkumpulan Prakarsa Masyarakat Untuk Negara Kesejahteraan dan Pembangunan Alternatif No. 02 Tanggal 24 Juni 2021.

Visi & Misi

Visi

“Menjadi Lembaga riset dan pengembangan kapasitas yang mampu mempelopori munculnya ide-ide inovatif dan transformatif untuk mewujudkan keadilan sosial-ekonomi dan kesejahteraan“

Misi

  • Melakukan riset dan kajian di bidang kebijakan sosial, kebijakan fiskal dan pembangunan berkelanjutan
  • Memproduksi dan mempromosikan wacana, pengetahuan dan praktik kebijakan kesejahteraan (welfare regime)
  • Menyelenggarakan pengembangan kapasitas, Pendidikan dan pelatihan bagi pemangku kepentingan
  • Mengembangkan jejaring antar think-tank, CSOs, pembuat kebijakan dan pelaku bisnis dalam menginisiasi reformasi kebijakan

Struktur Organisasi

Badan Pengurus

Purnama Adil Marata

Ketua

Binny Buchori

Bendahara

Ati Nurbaiti

Sekretaris

Sugeng Bahagijo

Anggota

Badan Pelaksana Harian

Ah Maftuchan

Direktur Eksekutif

Victoria Fanggidae

Deputi Direktur

Herni Ramdlaningrum

Manajer Program

Eka Afrina Djamhari

Manajer Penelitian dan Keilmuan

Badan Penasehat

Zumrotin K. Susilo
Zumrotin K. Susilo

Filomeno S. STA. ANA III
Filomeno S. STA. ANA III

Kolega Penelitian

Prof. Hasbullah Thabrany
Prof. Hasbullah Thabrany

(Universitas Indonesia)

Prof. Andrew Rosser
Prof. Andrew Rosser

(University of Melbourne)

Edi Suharto, Ph.D
Edi Suharto, Ph.D

(Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial)

Poppy Ismalina, Ph.D
Poppy Ismalina, Ph.D

(Universitas Gadjah Mada)

Donor

Mitra Kerja

Testimonials

What People Say about PRAKARSA

Mickael B. Hoelman

Wakil Ketua Komisi Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi DJSN 2019-2024 | Anggota DJSN RI Unsur Tokoh dan/ Ahli

PRAKARSA memiliki peran strategis dalam mengartikulasikan pendapat warga terkait hak jaminan sosial. Sebagai lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada kajian-kajian sosial, PRAKARSA banyak membantu perumusan kebijakan melalui penelitian dan usulan kebijakan hingga penyampaian hasil-hasil pemantauan dari daerah-daerah di Indonesia maupun penyelidikan atas beragam praktik baik di berbagai negara sebaya Indonesia. Kerja sama ini kami harapkan dapat senantiasa berlanjut untuk memperkuat sistem jaminan sosial nasional Indonesia di masa depan.

M. Hanif Dhakiri

Menteri Ketenagakerjaan RI 2014-2019

Sebagai NGO yang berfokus pada isu-isu welfare policies, PRAKARSA menemukan peran strategisnya. Riset dan kajian PRAKARSA sebelumnya telah mempertajam kebijakan sosial nasional yang berproses menuju kematangan. Kita tahu, kebijakan dan program jaminan sosial memang tidak bisa sekali jadi. Terlebih dalam konteks Indonesia yang besar dan khas, tetapi dengan ekonomi yang masih menengah. Diperlukan riset, kajian dan monitoring yang kuat guna mematangkan kebijakan dan program jaminan sosial nasional, termasuk inisiatif-inisiatif progresif baru yang dapat menjamin kelangsungan hidup semua warga negara tanpa kecuali.

Rina Julvianty

Koordinator Program Friedrich-Ebert-Stiftung Kantor Perwakilan Indonesia

PRAKARSA merupakan salah satu mitra kerja sama strategis FES Indonesia dalam mendorong program pembangunan manusia untuk mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dengan keahlian dan pengalamannya, PRAKARSA mampu mengeksplorasi ide-ide inovatif untuk peningkatan kesejahteraan sosial melalui kajian-kajian independen.

Studi Jaminan Sosial untuk Sektor Informal yang kami laksanakan bersama dengan PRAKARSA memberikan argumen mengenai pentingnya perluasan program-program jaminan sosial kepada penerima manfaat di sektor informal. Kami berharap kerjasama yang baik ini dapat terus berlanjut dan berkontribusi positif terhadap arah pengembangan kebijakan sosial.

Muttaqien

Wakil Ketua Komisi Kebijakan Umum DJSN 2019-2024 | Anggota DJSN RI Unsur Tokoh dan/ Ahli

Lembaga think tank seperti PRAKARSA secara meyakinkan telah berkontribusi memberikan input kebijakan berbasis bukti dalam Jaminan Sosial di Indonesia. Salah satu Kerjasama dengan DJSN terkait implementasi aplikasi PANTAU JKN akan menjadi salah satu terobosan penting sebagai kanal penghubung antara peserta JKN dan organisasi masyarakat sipil dengan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). PANTAU JKN akan menjadi salah satu pilar monitoring dan evaluasi pelaksanaan JKN di Indonesia dan menjadi salah satu input untuk perubahan kebijakan berbasis bukti di Program JKN. Kami memberikan apresiasi untuk kerjasama baik yang terjalin selama ini. Semoga PRAKARSA terus berkembang menjadi Lembaga think tank yang senantiasa memberikan rekomendasi kebijakan yang responsif, efektif, dan berkualitas dalam isu jaminan sosial di Indonesia.

Juniati Gunawan

Direktur Trisakti Sustainability Center Universitas Trisakti

PRAKARSA konsisten membantu mencermati implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia melalui berbagai kegiatan pembelajaran, yang harapannya adalah memberikan semangat dan dukungan yang positif. Semoga semakin solid dan meningkatkan engagement-nya dengan lebih baik kepada multi-stakeholders.

Ramidi

Koordinator Program Tempo Institute

Kerja sama Tempo Institute dan Prakarsa dalam bentuk pelatihan Jurnalistik perpajakan dan fellowship liputan tentang pajak sungguh dirasakan manfaatnya oleh peserta kegiatan. Pelatihan tentang isu perpajakan sangat jarang didapatkan para jurnalis, terutama jurnalis daerah. Oleh karena itu pelatihan tersebut direspon antusias bagi jurnalis yang rata-rata baru kali ini mendapatkan pelatihan semacam ini. Sehingga mereka bisa mengetahui seluk beluk perpajakan dan kejahatan yang menyertainya.

Kemudian kegiatan yang dilanjutkan dengan program Fellowship liputan isu pajak menjadi pengalaman tersendiri bagi Jurnalis peserta. Sehingga mereka memiliki pengalaman menelusuri persoalan isu perpajakan dan menuliskannya dalam bentuk laporan jurnalistik. Sayangnya kegiatan tersebut tak dikembangkan menjadi tahap yang lebih expert.

Prof. Frank J. Chaloupka

Director of Health Policy Center, University of Illinois at Chicago

PRAKARSA has made great strides by entering into new areas of work including tobacco tax (in partnership with the University of Illinois at Chicago). This research work focused on estimating levels of illicit trade in tobacco products and complements the existing portfolio of fiscal policy work which had previously focused on fiscal justice.

Sigit Haryoko

Eselon III Direktorat Jenderal Pajak

Kerja dan karya Perkumpulan Prakarsa telah memberikan kontribusi sebagai pengingat dan informasi tambahan bagi pengambilan kebijakan fiskal maupun strategi dalam menjalankan administrasi perpajakan. Beberapa hasil penelitian dengan topik ilicit financial flows dan rokok ilegal telah meningkatkan awareness atas masalah tersebut di lingkungan kami, dan berdasarkan pandangan kami juga pada lingkungan akademisi.

Bambang Shergi Laksmono

Guru Besar Kebijakan Sosial Fisip - Universitas Indonesia

Saya memberikan apresiasi besar kepada Prakarsa yang menjadi salah satu lembaga pengkajian pembangunan yang mampu mendorong evidence-based planing and policy, kebijakan berbasis kajian ilmiah dalam rangka pengambilan keputusan kebijakan publik yang akuntabel-rasional. Kajian Prakarsa terhadap pelaksanaan JKN sebagai contoh, merupakan kajian yang signifikan memberikan fakta dan analisis konseptual yang sangat diperlukan oleh stakeholder sistem kesehatan nasional.

Metta Dharmasaputra

Co-Founder, CEO - KATADATAcoid

Perkumpulan PRAKARSA memberi warna dan kontribusi signifikan dalam sejumlah isu nasional dan internasional. Berkolaborasi dengan Katadata, kerja investigasi pajak batubara di Kalimantan mendapat perhatian besar dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk sejumlah instansi pemerintah, seperti Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian ESDM dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu, di event internasional, Perkumpulan PRAKARSA berperan penting dalam forum NGO di ajang IMF-World Bank Event yang diadakan di Bali.

Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr. PH

Berbagai studi yang menuju ke atau terkait pada negara kesejahteraan telah dilakukannya sejak lama. Setelah krisis akhir tahun 1990an, isu kesejahteraan dan keadilan menjadi sangat penting. Disitulah Prakarsa jeli melihat masalah dan peluang kajian. Tahun 2018 Prakarsa makin banyak masuk kepada kebiajakan publik yang pro-poor. Saya kira ini kontribusi besar untuk masa depan bangsa.

Kami menggunakan cookie untuk memberikan Anda pengalaman terbaik.

Kebijakan Sosial

The PRAKARSA meyakini bahwa kesejahteraan warga negara merupakan tujuan dan sekaligus sarana kemajuan sebuah bangsa. Isu-isu strategis mengenai pembangunan manusia seperti kesehatan, pendidikan, jaminan sosial, dan...
View Project

Kebijakan Ekonomi dan Fiskal

The PRAKARSA meyakini bahwa pajak sangat vital sebagai sumber pendapatan negara dan sebagai instrumen mengurangi ketimpangan, kesejahteraan yang berkeadilan dan untuk menegakkan kemandirian sebuah bangsa. Anggaran...
View Project

Pembanguan Berkelanjutan

The PRAKARSA meyakini bahwa tercapainya kesejahteraan manusia harus diimbangi dengan keberlanjutan sumber daya alam. Saat ini sumber daya alam yang semakin terbatas menjadi tantangan seluruh dunia...
View Project

PROGRAM AND RESEARCH ASSISTANT

View Project