Workshop on Evidence-based Policy and Policy Brief Writing

Pada tanggal 2 – 4 Februari 2018, Direktur Eksekutif Perkumpulan Prakarsa Ah Maftuchan dan Manager Pilar Bidang Ekonomi Sekretariat SDGs Bappenas Setyo Budiantoro memfasilitasi workshop on evidence-based policy & policy brief writing bagi 14 mahasiswa program S-2 Double Degree Departemen Sosiologi UGM dengan Master of Social Policy, University of Melbourne. Mahasiswa tersebut merupakan staf BPJS Ketenagakerjaan yang mendapatkan beasiwa internal. Mereka ini yang ke depan akan menjadi pimpinan di BPJS Ketenagakerjaan.

Satu kehormatan bagi kami mendapat kepercayaan dari Departemen Sosiologi FISIPOL UGM untuk menjadi fasilitator workshop tersebut. Selama workshop berlangsung, kami membagikan referensi dan pengalaman dalam melakukan advokasi kebijakan berbasis bukti serta cara menulis policy brief yang tepat dan baik.

Beberapa pertanyaan yang kami ajukan agar peserta dapat menggali ide-ide antara lain: (i) apakah kebijakan atau program yang diputuskan oleh pengambil kebijakan merupakan sesuatu yang baik dan benar dalam kerangka kepentingan publik?; (ii) jika suatu kebijakan atau program yang dijalankan tidak tepat, apakah yang salah adalah landasan pengambilan kebijakan-programnya ataukah pelaksanaan kebijakan-programnya?; (iii) apa dasar-dasar yang digunakan oleh pengambil kebijakan dalam proses pengambilan kebijakan-program?; (iv) bagaimana proses yang ideal suatu kebijakan-program diputuskan dan dijalankan?

Workshop berjalan dengan santai dan menyenangkan. Fasilitator dan peserta sangat menikmati proses yang berlangsung. Terima kasih atas kepercayaannya dan semoga ke depan kita dapat melanjutkan sharing knowledge.

Add Comment