fbpx
Photography Competition “Potret Kemiskinan Multidimensi di Masa Pandemic Covid-19”

A. Latar Belakang
Pandemi Covid-19 pada 2020 memberikan dampak cukup besar bagi masyarakat, baik dari sisi kesehatan, sosial, dan ekonomi, termasuk peningkatan jumlah penduduk miskin Beberapa studi menyebutkan bahwa pandemi ini berpotensi meningkatkan angka kemiskinan (Suryahadi et al., 2020; dan Sumner, et al., 2020). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk miskin di Indonesia pada September 2020 naik 0,97 persen menjadi 27,55 juta orang dibandingkan September 2019. Jumlah penduduk miskin yang semakin meningkat dapat menambah kerentanan masyarakat atas penyebaran Covid-19.

Studi PRAKARSA (2020) menganalisis kerentanan penduduk Indonesia terhadap dampak pandemic Covid-19. Studi tersebut menunjukkan bahwa, diperkirakan terdapat 176 juta orang dari 264 juta orang atau sebesar 67 persen penduduk Indonesia masuk ke dalam kelompok berisiko terinfeksi Covid-19. Dari 176 juta orang yang berada dalam kelompok berisiko, setidaknya terdapat 21,43 juta orang atau sebesar 8 persen merupakan penduduk miskin multidimensi. jumlah ini menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk miskin multidimensi di Indonesia rentan terinfeksi Covid-19. Di sisi lain, terdapat sekitar 1,27 juta orang miskin multidimensi yang berada dalam tingkat risiko tinggi terinfeksi Covid-19 dimana 1,7 juta diantaanya berada pada tingkat resiko tonggi terinfeksi.

Kegiatan Kompetisi Fotografi “Potret Kemiskinan Multidimensi di Masa Pandemic Covid-19” memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk berkontribusi dalam penyampaian informasi tentang kondisi realitas yang terjadi di masyarakat di masa pandemic Covid-19 melalui karya visual fotografi.

B. Tujuan
Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Meningkatan kesadaran publik tentang kondisi kemiskinan multidimensi
2. Menghasilkan media advokasi yang lebih partisipatif dan informatif
3. Memperluas cakupan penyebaran informasi melalui media online dan media sosial

C. Deskripsi Pekerjaan
Kompetisi fotografi ini, memiliki beberapa kriteria yakni:

  • Tema kemiskinan multidimensi dibagi ke dalam sub tema yakni kesehatan, pendidikan dan standar hidup.
  • Foto yang dikirimkan harus memenuhi beberapa kriteria antara lain mudah dipahami oleh masyarakat umum, menyasar kepada pemangku kebijakan, mendukung kegiatan advokasi, dan sebagai perwakilan suara masyarakat.
  • Penilaian dilakukan oleh tim ahli di bidang media dan substansi kemiskinan multidimensi. Kami akan memilih 3 orang pemenang untuk setiap sub tema. Hadiah akan diberikan dalam bentuk uang tunai ke masing-masing pemenang sesuai dengan ketentuan yang disepakati oleh PRAKARSA.

D. Waktu Kegiatan
Adapun waktu kegiatan ini adalah sebagai berikut:
Pengumpulan karya             : 17 April 2021 – 30 April 2021
Penjurian                                : 3 – 4 Mei 2021
Pengumuman pemenang    : 6 Mei 2021

E. Rancangan Kegiatan dan Persyaratan Kompetisi
1). Tata cara Pendaftaran:
Peserta dinyatakan terdaftar apabila telah melakukan persyaratan di bawah ini:

  • Peserta telah mengikuti akun media sosial PRAKARSA. Facebook: Perkumpulan PRAKARSA; Twitter: @theprakarsa; Instagram: @theprakarsa; Youtube: Perkumpulan PRAKARSA
  • Mengisi formulir pendaftaran Kompetisi Fotografi Pendaftaran ditutup tanggal 30 April 2021 tepat pukul 23.59 WIB Bebas biaya pendaftaran

Persyaratan

  • Peserta merupakan masyarakat umum atau pelajar.
  • Peserta yang mengikuti lomba infografis harus mengikuti akun resmi media sosial PRAKARSA. Facebook: Perkumpulan PRAKARSA; Twitter: @theprakarsa; Instagram: @theprakarsa; YouTube: Perkumpulan PRAKARSA.
  • Peserta diikuti oleh perorangan.
  • Peserta memilih salah satu sub tema yang telah ditentukan.
  • Tidak mengirimkan karya yang mengandung hak cipta atau karya milik orang lain.
  • Peserta mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi caption sebanyak maksimal 200 karakter dengan format .JPEG.
  • Penilaian karya berdasarkan hal-hal berikut:
    • Komposisi foto (latar, lokasi, gender dan kerentanan yang ingin disampaikan)
    • Substansi (kesesuaian foto dan caption, dengan tema)
    • Kreativitas
  • Hasil karya pemenang kompetisi akan diterbitkan di akun media sosial resmi Perkumpulan PRAKARSA (Facebook, Twitter, Instagram)
  • Keputusan juri MUTLAK dan TIDAK DAPAT diganggu gugat.
  • Karya yang diikutsertakan adalah karya orisinil, tidak mengandung SARA dan belum pernah diikutsertakan pada lomba atau diterbitkan pada media manapun.
  • Total Hadiah Rp 10.000.000. – Juara 1: Rp 1.500.000/tema – Juara 2: Rp 1.000.000/tema – Juara 3: Rp 500.000/tema – Juara favorit (1 untuk masing-masing tema): Rp. 350.000
  • Untuk para peserta yang karyanya terpilih menjadi pemenang, pastikan karya tersebut dalam format JPEG high resolution.

F. Lain-lain
Dengan mengikutsertakan karya dalam perlombaan ini, Perkumpulan PRAKARSA berhak  untuk menggunakan foto secara bebas baik sebagian maupun seluruh foto untuk kepentingan publikasi di berbagai media. Semua karya yang diikutkan lomba menjadi hak milik Perkumpulan PRAKARSA.

G. Output
Foto yang mengangkat kemiskinan multidimensi

H. Kontak
Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Sdr. Bambang Nurjaman (+6287886976858 / bnurjaman@theprakarsa.org)
Sdri. Aqilatul Layyinah (+6285233624293 / alayyinah@theprakarsa.org)

Add Comment